Uji Coba bikin MPASI dengan Slow Cooker Takahi 0,7 Liter

Setelah membeli harus dicoba dulu dong bu ibu.. Oke ini dia laporan pandangan matanya.

Awalnya nonton youtube mamakokihandal dulu disitu dibilang 20gr beras dan 300ml kaldu.karena Cuma nyoba pake air putih deh 300ml ditaker pake botol susu dan beras ditimbang dg timbanga digital oxone.lebay ? yeeess akyu emang orang lebay..

Nyalain jam 03.30 pagi dan taraaaa ampe jam 11.30 siang itu beras masih berenang di SC (slow cooker). Matiin deh dan dinyatakan percobaan pertama gagal. Tapi belum menyerah dong. Thomas alfa Edison aja percobaan 1000 lampu ya ga? Hihihihi

Oke menenangkan pikiran dulu kemudian coba lagi.. sekarang gugling dulu di table dapetlah resep asal goblek hehehe.. aku coba 5sdm beras dan 270ml air putih. Patokannya ¾ SC harus terisi air. Dan taraaa dan jam 14.45 dan jam 17.30 nasi sudah matang Cuma masih ada beras yg belum mateng. Diaduk2 bentar dan tutup lagi.. dan jam 18.00 nasi udah matang sempurna jadinya bubur kental.

Nanti mau coba lagi dengan resep 3SDM Beras dan 270ml air.. doakan ya temen-temen semoga aku bias masak dengan suksessss

Ukuran

Nihh modevra mau sharing tentang resep balita di blog ini.. semoga bermanfaat ya.. modevra ini belum bisa masak.sumpah beneran ga bisa dan mulai sekarang mami mau belajar masak.ikuti ya perjalanan mami belajar masak buat dedek jeralyn a.k.a rara..

Disimak dulu nih yang udah mami gugling tentang ukuran.

Menurut Bahan
Terigu 1 sdm = 10 g, 1 cup = 140 gGula pasir 1 sdm = 20 g, 1 cup = 225 g
Gula merah (padatkan) 1 sdm = 15 g, 1 cup = 200 g
Brown sugar (padatkan) 1 sdm = 10 g, 1 cup = 170 g
Gula bubuk 1 sdm = 10 g, 1 cup = 110 g
Mentega 1 sdm = 15 g, 1 cup = 225 g
Margarin 1 sdm = 15 g, 1 cup = 225 g
Coklat bubuk 1 sdm = 5 g, 1 cup = 80 g

American Standard
1 oz = 28 grams1 pound = 1 lb = 454 grams

Konversi ukuran volume & temperatur American Standard
1 Fluid ounce (fl oz) = 29.5 ml
1 Pint = 16 fl oz = 473 ml
1 Quart = 2 pints = 946 ml
1 Cup = 8 fl oz = 236 ml
1 sdm = 3 sdt = 15 ml
1 sdt = 5 ml

British Standard
1 Fluid ounce = 28.4 ml
1 Gill = 5 fluid ounces = 142 ml
1 Pint = 20 fl oz = 568 ml
1 Cup = 8 fl oz = 227 ml
1 sdm = 3 sdt = 18 ml
1 Dessertspoon = 2 teaspoons (lebih kurang) = 10-12 ml (lebih kurang)1 sdt = 6ml

Suhu Oven
275 F = 140 C = 1 = Sangat rendah
300 F = 150 C = 2 = Rendah
325 F = 170 C = 3 = Agak rendah
350 F = 180 C = 4 = Sedang
375 F = 190 C = 5 = Agak tinggi
400 F = 200 C = 6 = Tinggi
425 F = 220 C = 7 = Tinggi
450 F = 230 C = 8 = Sangat tinggi
475 F = 240 C = 9 = Sangat tinggi

Sumber : http://groups.yahoo.com/neo/groups/naturalcookingclub/conversations/topics/175008

*Singkatan-singkatan dalam takaran*
@ sdm = sendok makan
@ sdt = sendok teh
@ gr = gram
@ kg = Kilogram
@ btg = batang
@ bks = bungkus
@ btr = butir
@ ml = mililiter

*Ukuran takaran dengan Cup*
1 cup = 1 cangkir = 16 sdm
1 sdm = 15 gram
1 cup = 250 cc = 250 ml

Tepung terigu 1 cup = 140 gram
Gula pasir 1 cup = 225 gram
Gula halus 1 cup = 160 gram
Gula palem 1 cup = 140 gram
Maizena 1 cup = 125 gram
Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
Tepung beras 1 cup = 110 gram
Tepung roti 1 cup = 115 gram
Almond bubuk 1 cup = 170 gram
Kismis 1 cup = 190 gram
Kenari cincang 1 cup = 150 gram
Mete cincang 1 cup = 160 gram
Havermout 1 cup = 90 gram
Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
Minyak goreng 1 cup = 220 gram
Coklat bubuk 1 cup =112 gram

*Ukuran Gelas Belimbing*

1 gelas tepung terigu = 130 gr
1 gelas gula pasir = 230 gr
1 gelas gula halus = 180 gr
1 gelas mentega = 210 gr
1 gelas air/ susu encer = 250 cc

*Ukuran Sendok Makan*
1 sdm peres = 3 sdt
1 sdm peres gula pasir = 15 gr
1 sdm peres gula halus = 12 gr
1 sdm peres tepung terigu = 8 gr
1 sdm peres maizena = 12 gr
1 sdm peres margarin = 15 gr

Sumber : http://mykitchenandme.wordpress.com/2011/05/09/takaran-dalam-resep-masakan/

Cemilan 1-3 Tahun

:: Pisang Goreng Filo Es Krim
Bahan:
21 lembar filo (siap pakai) atau bisa diganti kulit lumpia
50 gr margarin, dilelehkan
2 buah pisang tanduk, dikukus lalu potong tipis
3 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh kayu manis bubuk
es krim vanili
Cara Membuat:
1. Oles permukaan filo dengan margarin, lalu tumpuk menjadi 3 lapis
2. Aduk gula pasir, kayu manis bubuk, dan pisang kukus
3. Isikan ke dalam filo, lipat dan rekatkan dengan putih telur
4. Goreng hingga kering, angkat. Setelah dingin, sajikan dengan es krim vanili.
Untuk: 7 buah

:: Cake Wortel
Bahan:
100 ml minyak salad
100 gr gula pasir
3 butir telur
4 sendok makan madu
100 ml susu cair
250 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sendok teh kayu manis bubuk
150 gr wortel, diparut
50 gr kacang tanah sangrai, dihaluskan
Cara membuat:
1. Kocok telur dan gula sampai kental, masukkan madu sambil diaduk rata
2. Ayak tepung, baking powder, kayu manis, dan soda kue, lalu masukkan ke dalam adonan, aduk rata. Tuang susu, kacang, wortel, aduk rata.
Masukkan ke dalam loyang loaf yang sudah dioles margarin.
3. Oven selama 25 menit dengan suhu 160 derajat celsius.
Untuk: 12 potong

:: Risoles
Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
200 ml air
2 btr telur, dikocok lepas
1/2 sdt garam
Bahan Isi:
1/2 bawang bombay, dicincang halus
2 siung bawang putih, dicincang halus
3 sdm tepung terigu
100 gr daging ayam, disuwir-suwir
100 gr kentang, dipotong kotak
1/4 sdt bumbu kari
100 ml kaldu ayam
200 ml susu cair
1/4 sdt garam
Bahan Paniran:
100 gr tepung panir
2 btr telur, dikocok lepas
minyak menggoreng
Cara Membuat:
1. Aduk bahan kulit, lalu buat dadar tipis di wajan anti lengket, sisihkan
2. Buat isi: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Tambahkan kentang dan ayam, aduk sampai ayam berubah warna. Setelah itu masukkan tepung terigu, aduk hingga menggumpal.
3. Tuang susu sambil diaduk rata, tambahkan kaldu, lalu bumbui garam dan bumbu kari. Aduk sampai meletup-letup, lalu angkat.
4. Ambil kulit dadar, tambahkan bahan isi. Bentuk segitiga dan rekatkan dengan telur. Celupkan risoles dalam telur, gulingkan di tepung panir lalu goreng hingga kecoklatan.
Untuk: 16 buah

:: Kroket
Bahan:
500 gr kentang kukus, dihaluskan
1 sdm susu bubuk
2 kuning telur
1 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk
minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
1/4 buah bawang bombay, dicincang halus
2 siung bawang putih, dicincang halus
50 gr wortel, dipotong kotak kecil
1/2 batang daun bawang, diiris halus
1 sdm tepung terigu
100 ml susu cair
1/4 sdt garam
Bahan Paniran:
100 gr tepung roti
2 btr telur, dikocok lepas
Cara membuat:
1. Aduk kentang, susu, kuning telur, garam, dan pala. Bagi menjadi 25 bagian.
2. Buat isi: tumis bawang bombay, bawang putih hingga layu. Masukkan daging giling, wortel dan daun bawang. Aduk sampai daging matang.
3. Tambahkan tepung terigu. Setelah menggumpal, tuang susu. Bumbui garam, lalu masak hingga meletup-letup. Angkat, lalu dinginkan.
4. Ambil bahan kulit, tambahkan bahan isi, lalu bentuk oval. Celupkan ke dalam telur, lalu gulingkan di atas tepung roti.
5. Goreng sampai kering dan matang.

:: Cake Cokelat
Bahan:
200 gram mentega
175 gr gula halus
3 kuning telur
2 putih telur
175 gr tepung terigu
15 gram cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
50 gr dark cooking chocolate, dilelehkan
50 gr white cooking chocolate, dilelehkan
Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan gula sampai lembut, masukkan telur sambil terus dikocok
2. Ayak tepung, cokelat bubuk, dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk rata. Tuang ke dalam loyang brownies yang dioles margarin.
3. Oven selama 20 menit dengan suhu 160 derajat celsius. Angkat. Setelah dingin, hias dengan cokelat yang sudah dilelehkan.

Sumber: Nakita

Strategi Makan Anak

Strategi Menghindari Pertengkaran Soal Makan

Anda tidak dapat memaksa anak memakan apa yang dihidangkan di hadapannya. Semakin ia merasa tertekan, semakin kecil kemungkinan ia akan mau makan. Solusi terbaik untuk masalah ini, dengan membiarkannya makan di saat yang ia hendaki.

Pertanyaan untuk Anda jawab sendiri:

1. Apakah saya mengkhawatirkan kenaikan berat badan anak saya?

Umumnya orangtua khawatir perkembangan anaknya akan terganggu. Jadi biasakan menimbang anak secara rutin. Kemungkinan besar pertumbuhannya masih dalam batas normal.

2. Apakah saya khawatir masakan saya terbuang sia-sia?

Kurangi waktu dan usaha yang Anda habiskan untuk menyiapkan makanan (tanpa mengorbankan kualitas). Ini akan mengurangi kekesalan Anda akan kesulitan makan anak.

3. Apakah saya khawatir akan kemungkinan adanya masalah psikologis?

Sebagian besar anak yang susah makan akan melepaskan kebiasaan ini dengan sendirinya. Jadi, jangan bereaksi berlebihan karena dengan begitu Anda hanya akan memicunya untuk melakukan ini terus menerus demi menarik perhatian Anda.

FAQ

1. Anak kami membuat kami repot saat memilih makanan, sehingga waktu makan sering diakhiri dengan tangisan. Apa yang harus kami lakukan?

Anda perlu memaksa diri untuk menggunakan pendekatan yang santai di waktu makan. Ketegangan biasanya mudah menular, sehingga Anda akan membuat anak merasa tegang bahkan sebelum melihat makanannya. Cobalah menyembunyikan ketegangan Anda, bila tidak situasinya takkan berubah. Ajak si Kecil ngobrol santai saat ia makan dan berikan contoh yang baik dengan menghabiskan makanan yang ada di piring Anda.

2. Anak kami hanya mau makan makanan ringan dan bukan makanan yang seharusnya dimakan. Bagaimana mengatasi masalah ini?

Gunakan kreativitas Anda. Tentukan jenis makanan yang Anda inginkan untuk dimakannya dan hidangkan makanan tsb seperti layaknya makanan ringan. Misalnya, jika ia tidak pernah mau makan sepotong pizza yang diletakkan di piring makannya, cobalah memotongnya menjadi potongan kecil dan hidangkan di piring kecil. Memvariasikan cara penghidangan seperti ini akan membuat makanan yang sama tampak berbeda dan mengubahnya dari makanan formal menjadi makanan ringan yang informal.

Membuat Makanan Tampak Menarik

“X Tekstur. Makanan yang kering atau berminyak akan melekat di lidahnya serta bisa membuatnya mual dan muntah.”X Jumlah. Jangan menumpuk makanan terlalu banyak. Hidangkan makanan dengan porsi kecil pada piring besar

“X Panas. Berbeda dengan orang dewasa, anak biasanya menyukai makanan yang hangat, tidak panas.

“X Rasa. Anak sudah pasti tidak menyukai makanan yang pedas. Ia lebih menyenangi makanan yang terasa agak hambar.

5 Prinsip Praktis

1. Beri anak beberapa pilihan.

Anak akan lebih tertarik untuk makan apa yang dihidangkan di hadapannya jika ia sendiri yang memilihnya. Jika bisa, biarkan ia memilih dari beberapa pilihan makanan yang terbatas. Ini akan meningkatkan motivasinya untuk makan.

2. Libatkan anak dalam menyiapkan makanan.

Keterlibatan anak dalam cara ini tergantung usia dan tingkat kematangannya. Anak berusia 2 tahun bisa mengambilkan Anda kentang yang disimpan dalam lemari, sementara anak berusia 6 tahun bisa membantu Anda mengaduk. Temukan beberapa cara untuk melibatkan anak dalam menyiapkan makanannya. Semakin ia tertarik secara emosional dan fisik pada makanannya, semakin besar kemungkinan ia akan memakannya.

3. Berikan porsi kecil.

Anak mungkin jadi tidak bernapsu dengan jumlah porsi makannya yang tampak sangat banyak. Karena itu, cobalah memberikan porsi kecil terlebih dahulu dan jika ia menghabiskannya, Anda bisa menambah makanannya.

4. Perkenalkan rasa baru secara perlahan.

Mulailah dengan mencampurkan makanan barunya dengan makanan lain, seperti kentang. Perlahan-lahan, tingkatkan jumlah makanan yang Anda samarkan dengan cara ini. Jika anak memakan makanan tsb tanpa berkomentar, perlihatkan makanan barunya dan berikan dalam porsi kecil sebagai pendamping makanan kesukaannya. Jelaskan bahwa rasa makanan tsb pasti sudah dikenalnya. Dorong ia untuk mencicipi

makanan tsb dan berikan ia pujian ketika ia memakannya.

5. Beri dukungan positif secara halus. Jangan berbicara langsung

mengenai jumah makanan yang ia makan hari itu. Sebaliknya, begitu selesai makan, katakan padanya bahwa Anda sangat menikmati waktu makan yang santai bersamanya.

Sumber: Mengapa Anakku Begitu? Panduan Praktis Menuju Pola Asuh Positif

Penulis: Dr. Richard C Woolfson

Penerbit: Erlangga for Kids

http://BeingMoM.org